Tips Memilih Lantai Keramik

Sumber gambar : houzz.com

Lantai berbahan keramik sampai saat ini masih menjadi pilihan paling favorit untuk melengkapi rumah hunian. Tapi tak jarang ketika membangun rumah baru ataupun merenovasi rumah, kita mengalami kebingungan dalam memilih keramik. Baik itu ukuran, jenis ataupun model keramik. Karena setiap ruangan dan jenis rumah membutuhkan pilihan keramik yang berbeda-beda. Kami coba mengulasnya melalui artikel berikut.

1. Pertimbangan Kualitas Keramik

Harga yang mahal tidak menjadi jaminan keramik itu pas untuk kebutuhan dan kondisi rumah Anda. Selain aspek daya tahan, material keramik pun sangat berpengaruh karena hal ini akan berimbas pada cara perawatan yang dibutuhkan nanti perawatannya.

2. Sesuaikan Warna dan Motif Keramik Dengan Warna Cat Rumah Anda

Warna keramik juga akan memberi pengaruh pada nilai artistik dan desain yang hendak Anda tonjolkan. Penentuan warna keramik sebaiknya disesuaikan dengan warna cat dinding atau furnitur yang ada. Perpaduan yang pas antara ketiganya akan menghasilkan keserasian dan kesatuan yang utuh. Yang perlu diingat yakni warna keramik lantai tidak boleh kelewat kontras dibanding warna dua elemen rumah tersebut.

3. Pilih Ukuran yang Pas

Ukuran keramik juga menjadi hal yang perlu diperhatikan terutama untuk yang memiliki rumah dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Agar luas rumah yang tidak semakin terkesan sempit, sebaiknya memilih yang berukuran besar. Semakin besar ukuran sebuah keramik pada ruangan, akan membuat tampilan ruangan tersebut menjadi lebih luas.

4. Pemilihan Permukaan Lantai

Untuk diketahui, glasur pada lantai keramik memiliki beberapa model dan jenis, seperti glossy (mengkilap), satin, matte atau bertekstur. Hal inlah yang membedakan licin tidaknya lantai keramik. Jika pada kamar mandi dan dapur misalnya, sebisa mungkin pilihlan yang memiliki tekstrur tidak rata agar tidak licin saat anda penghuni rumah beraktivitas.

Itu tadi empat tips untuk Anda agar tidak salah memilih keramik untuk rumah kesayangan Anda. Akan lebih baik sebelum menentukan pilhan, Anda berdiskusi terlebih dahulu dengan arsitek atau penyedia jasa renovasi. Biasanya mereka akan dengan senang hati memberikan saran terbaik kepada pihak pemilik rumah.