Trik Mudah Renovasi Rumah Minim Biaya

Sumber gambar : bbean.com

Mau sih renovasi rumah tapi budget masih minim. Mending didiemin aja dulu, nanti kalo sudah terkumpul uanganya baru deh dikerjain sama tukang”.

Begitu keluhan si A yang rumahnya nampak kurang terawat selama bertahun-tahun padahal dia sudah tahu ada beberapa sudut mengalami kerusakan parah.

Bukankah pengalaman di atas masih dalam batas wajar? Tentu jawabanya tidak, mengingat rumah tersebut nyatanya memang perlu direnovasi tapi sebagian orang masih berpikiran jika budget adalah penghalang utama. Apalagi bicara soal rumah, sudah pasti biaya beli material akan memakan biaya.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengakalinya, contoh real adalah memanfaatkan fasilitas kredit BPJS ketenagakerjaan. Sedangkan syarat mutlak yang harus dipenuhi, calon kreditur merupakan karyawan peserta BPJS ketenagakerjaan dan sudah bekerja minimal 5 tahun.

Masih merasa kesulitan? Tenang saja, Anda disini akan banyak menemukan trik-trik memanfaatkan budget minim demi keperluan renovasi tanpa cari utangan sana-sini. Pun, bisa dikerjakan sendiri kalo mau. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Manfaatkan struktur lama

Cara paling mudah adalah mengecek keseluruhan pondasi struktur lama. Jika masih layak, maka anda tidak perlu membuat baru lagi melainkan cukup memperbaharuinya. Meski beberapa pondasi memang harus dirombak terutama saat memakai beton.

Sebagai catatan ketika sudah merancang struktur baru, sangat disarankan menggunakan material baja karena prosesnya lebih singkat jadi tak memakan ongkos jasa terlalu banyak.

2. Berburu diskon

Untuk dapat mewujudkan misi renovasi rumah hemat biaya, maka berburulah diskon-diskon di toko bahan bangunan. Jadi, jangan langsung memutuskan untuk membeli bahan dari satu toko sehingga anda tak tahu pasti harga umum di pasaran.

Sebelum memulai tahap renovasi, cari sebanyak mungkin toko yang menjual stok bahan bangunan sedikit. Biasanya, mereka cenderung memberikan harga terjangkau demi menghabiskan stok. Tak jarang pula, menawarkan potongan jika membeli borongan.

3. Gunakan penyedia jasa renovasi rumah

Kalau anda memang tak memiliki pengalaman merenovasi rumah, jangan sungkan untuk menyewa jasa penyedia jasa renovasi rumah. Jelas, mereka terdidik dan dilatih profesional saat merencanakan suatu bangunan sekaligus menyesuikan keinginan para klien.

Mungkin beberapa orang menilai ketika memanfaatkan jasa tersebut, pasti perlu budget besar. Akan tetapi ada banyak keuntungan yang akan didapatkan jika Anda menyewa jasa mereka. Tidak hanya secara teknis mempermudah dalam proses merenovasi rumah tapi juga dalam hal pemilihan dan pembelian bahan material yang tepat. Hal ini justru dapat mencegah terjadinya pembengkakan biaya karena sebab kesalahan estimasi.

4. Pilih material bagus dan ekonomis

Ingat, tahap terakhir ini harus anda pikirkan matang-matang. Meski diiming-imingi harga lebih murah, jangan mudah tergiur dengan penawaran brand ternama tapi tak berani menjamin material mereka.

Diambil dari beberapa referensi, untuk membeli material yang bagus  dan ekonomis, carilah brand lama dimana memang sudah punya reputasi baik dihadapan para konsumen. Nah, jika memang budgetnya tak banyak maka pilih produk berdesain standar saja atau tidak futuristik.

Demikianlah trik mudah renovasi rumah minim biaya tanpa pusing harus memulai dari mana. Sekali lagi perlu diingat, budget menjadi hal krusial sehingga manajemen keuangan adalah cara paling efektif agar anda tahu betul apakah biaya yang dikeluarkan sudah sesuai dengan rencana awal Anda.