Beberapa Pertimbangan Sebelum Merancang Taman Untuk Rumah Anda

Sumber gambar : personaltouchcolorado.com

Idealnya, rumah tinggal memiliki area taman yang dapat dapat dijadikan sebagai tempat untuk menanam bunga dan tanaman ataupun berfungsi sebagai tempat bermain yang nyaman bagi anak. Tanpa spot hijau tersebut, hunian akan terlihat gersang dan juga dapat mengurangi nilai estetika.

Namun, menghadirkan taman pada rumah Anda juga tidak bisa dilakukan secara asal. Ada beberapa pertimbangan yang dilakukan sebelum merancang dan membangunnya, sehingga dapat berfungsi dan berguna dengan baik. Berikut beberapa poin yang harus diperhatikan.

1. Luas Lahan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah luas area yang tersedia untuk dijadikan taman. Lahan tersebut tidak hanya terbatas pada halaman depan, namun juga halaman samping dan belakang. Jika lahan untuk taman yang miliki luas, tentunya akan lebih memudahkan dalam merancang sebuah taman. Namun bila lahan yang kita miliki cukup sempit, perancangan taman harus benar-benar matang dan pemilihan elemen penunjang taman harus tepat.

2. Instalasi Listrik dan Air

Tahap berikutnya adalah merencanakan instalasi air dan listrik, terutama apabila Anda berniat untuk membuat sebuah kolam dengan pancuran air. Penempatan posisi kedua elemen tersebut harus diperhatikan agar berada ada pada tempat yang aman. Tidak mengganggu bahkan membahayakan aktivitas penghuni rumah saat berada di taman.

3. Penentuan Tema atau Gaya Desain

Ada beberapa jenis tema atau gaya taman yang bisa Anda pilih. Ada taman bergaya Eropa, Jepang, tropis hingga bergaya tradisional Indonesia (diantaranya taman Bali dan taman Jawa). Pemilihan tema taman salah satunya didasarkan pada kesan yang ingin ditampilkan, misalnya taman berkesan alami, romantis, maskulin, eksklusif, atau minimalis.

Kendati begitu, pemilihan tema juga sebaiknya disesuaikan dengan faktor lokasi, iklim dan cuaca lokasi hunian Anda. Misalnya, lokasi daerah hunian Anda memiliki iklim gersang dengan tingkat curah hujan yang rendah. Maka sebaiknya tidak membuat taman tropis karena tanaman tidak bisa tumbuh optimal di tempat tersebut.

4. Pemilihan Jenis Tanaman

Ada beberapa faktor pertimbangan dalam pemilihan jenis tanaman untuk taman rumah Anda, yaitu gaya desain taman yang akan dibuat, fungsi, serta lokasi. Yang pertama, tanaman yang diadakan sebaiknya mengikuti desain yang akan dibuat. Misal Anda mau membuat taman bergaya Jepang, maka tanaman didominasi oleh bambu bambuan dan tanaman berukuran kecil.

Selanjutnya mengenai faktor fungsi di luar selain faktor keindahan, misal jika Anda ingin menggunakan tumbuhan sebagai penutup tanah maka pilihlah pohon dengan ukuran besar.

Terakhir masalah lokasi dan cuaca juga harus disesuaikan. Jika lokasi rumah berada di ketinggian > 700m, sebaiknya jenis tanaman yang ditanam pun berupa tanaman hias dataran tinggi, seperti krisan, lili, pinus, melati kosta, dan lavender. Namun bila berada di ketinggian 200m, maka jenis tanaman hias yang dipilih pun sebaiknya berupa tanaman hias dataran rendah. Beberapa contoh diantaranya yaitu adenium, ephorbia, beringin, palem-paleman, dan kemuning.

5. Komposisi Warna

Memang, warna taman pastinya akan didominasi warna hijau. Namun anda dapat menambahkan elemen warna lain sesuai tema dan keinginan Anda. Tambahan warna tersebut bisa didapat dari tumbuh-tumbuhan dan bunga, namun bsia juga didapat dari ornamen tambahan seperti lampu taman, patung, batu-batuan, kolam, bangku, saung atau pendopo, dan lain sebagainya.