Kisah Petualangan Arsitek Kecil dan Kakeknya

Young Frank Architect. Buku cerita pertama yang dikeluarkan oleh MoMa (Musium of Modern Art) untuk anak-anak usia 3-8 tahun. Berkisah melalui penuturan sederhana dan ilustrasi menyenangkan, tentang petualangan si bocah Frank, arsitek kecil yang tinggal di New York bersama kakeknya, Old Frank yang berprofesi sebagai arsitek.

TENTANG ARSITEKtur, TIDAK CUKUP BANYAK MEDIA PENDIDIKAN YANG TERSEDIA UNTUK ANAK, TERLEBIH DALAM BENTUK BUKU CERITA. INI ADALAH TENTANG KISAH FRANK MUDA DENGAN KAKEKNYA YANG BERPROFESI SEBAGAI ARSITEK

Melalui buku cerita ini, serasa menuturkn kepada kita bahwa anak-anak dapat diajarkan berbagai hal yang sering dianggap rumit oleh orang dewasa. Tidak terkecuali mengenai arsitektur.

buku cerita anak tentang arsitektur
Frank muda dan Kakeknya Old Frank, berpetualang tentang arsitek di kota New York

Kisah Frank, Arsitek Kecil dan Kakeknya

Dua tokoh ini bernama Frank Muda dan Frank Tua (Young Frank dan Old Frank). Disajikan lebih banyak melalui gambar,  menceritakan kisah hidup seorang arsitek asal New York dan kakeknya. Pasangan kreatif dua generasi berbeda ini dideskripsikan memiliki ciri-ciri yang serupa. Baik Frank Muda dan Frank Tua keduanya menggunakan dasi kupu-kupu, topi berbentuk straw hat berwarna kuning, dan kacamata khas Le Corbusier.

Keduanya juga dikisahkan sebagai orang kreatif, yang selalu dapat menciptakan dan menemukan berbagai hal baru. Seolah memiliki imajinasi tak berbatas, Frank Muda dan Frank Tua bahkan bisa menciptakan produk furnitur dari makaroni dan boks-boks tua.

Anda bisa baca atau unduh ringkasan bukunya di Scribd.com

buku cerita arsitek untuk anak-anak

Suatu hari keduanya berjalan-jalan menuju pusat kota dan berkunjung ke Musium Seni Modern, dan menyaksikan karya-karya arsitek terkenal di dunia. Terinspirasi oleh apa yang mereka lihat di musem, sekembalinya di rumah keduanya membangun kembali struktur dari setiap bentuk dan ukuran. Yang tinggi, besar atau yang bulat melalui barang dan bentuk yang mereka miliki di rumah.

KEDUANYA DAPAT BERKOLABORASI MENCIPTAKAN HAL-HAL BARU. BAHKAN, ANJING KESAYANGAN MEREKA, EDDIE, JUGA SEMPAT MEMBANTU KEDUANYA MENEMUKAN HAL BARU.

kisah arsitek kecil dan kakeknya dalam buku cerita
Kisah Arsitek Kecil dengan Kakeknya. Mereka bangun ulang dari apa yang pernah dilihatnya sepanjang perjalanan

Meski tampaknya sederhana, Frank Muda dan Frank Tua ternyata tidak hanya memperkenalkan dunia arsitektur pada anak-anak. Kedua tokoh ini juga mengajarkan bahwa seorang profesional, seperti seorang arsitek, memiliki pikiran terbuka dan ada pula yang mempunyai pikiran skeptis.

Cerita apik ini ditulis oleh peraih penghargaan, Frank Viva.  Halaman demi halaman dibuat penuh warna, meski hanya menggunakan warna abu-abu, hijau zaitun, kuning sawo, dan warna krem.