Bagaimana Merancang Rumah Minimalis?

Merancang rumah minimalis

Artikel yang akan menjadi panduan bagi Anda tentang Rumah Minimalis, artikel ini memuat semua hal penting dan mendasar yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan rancangan rumah huni dengan konsep minimalis.

Apa itu Rumah Minimalis?

“tERJEMAHAN GAMPANGNYA, RUMAH MINIMALIS ADALAH RUMAH YANG TERBEBASKAN DARI BERANTAKAN”

Rumah minimalis hanya memuat barang-barang penting dan benar-benar diperlukan didalamnya. Beberapa karya seni yang bermakna di dinding, beberapa tanaman sebagai penghias ruangan dan memuat sedikit furnitur.

Apa Keuntungan Tinggal di Rumah Minimalis?

Ada banyak keuntungan, tapi yang paling utama adalah kenyamanan di tempat tinggal yang selalu bersih

Rumah minimalis selalu dalam kondisi rapih dan bersih, dan secara visual sangat menyenangkan. Memberikan dampak kepada pikiran yang lebih tenang, khususnya melepas penat setiap hari setelah kerja berat seharian diluar.

desain rumah minimalis
tampilan rumah minimalis yang bersih dan lega – sumber: www.contemporist.com

Lingkungan Positif

Rumah minimalis itu bersih, tampilannya menyenangkan dan segala sesuatunya diatur dengan sempurna. Situasi ini akan mentransfer getaran positif kepada penghuninya. Anda serasa memiliki sebuah aula meditasi, tersedia cukup banyak ruang kosong, dengan minimal furnitur, dicat warna-warna netral dengan dominasi putih. Bukankah ini merupakan perasaan positif, benar kan?

Kemudahan Bersih-Bersih Rumah

Semakin banyak barang yang Anda punya, semakin banyak pula waktu yang perlu Anda sediakan untuk membersihkannya. Pikir ulang berapa banyak waktu dan energi yang perlu Anda sediakan untuk bersih-bersih rumah setiap hari? juga untuk menghemat tingkat stress Anda untuk masa depn. Rencanakan dengan matang untuk hal ini dan Anda bisa menyimpannya hanya dengan memilih gaya hidup di rumah minimalis.

Rumah Lebih Cantik

Dalam rumah minimalis, secara alami semua tampak lebih indah dan cantik. Mengapa? Karena tampak bersih, bebas dari berantakan, tidak terdapat gangguan penampilan sehingga semuanya terlihat lebih menarik.

Karakteristik Rumah Minimalis

Penting menjadi perhatian tentang beberapa aspek yang mendefinisikan sebagai Rumah Minimalis.

Konsep dan Karakter rumah minimlis

Permukaan Bersih dan Warna Netral

Di rumah minimalis, seluruh permukaan layaknya dinding dengan langit-langit warna cerah dengan sentuhan warna netral, seperti putih atau abu-abu. Lebih senang dengan permukaan yang luas dan kosong tanpa banyak obyek yang menghalangi pandangan.

Furnitur

Pada setiap ruangan di rumah minimalis diletakkan beberapa furnitur yang penting dan tidak terlalu padat, seperlunya berdasar nilai pentingnya berada di setiap ruang.

Lebih Banyak Pencahayaan Alami

Rumah minimalis didesain lebih banyak memanfaatkan pencahayaan alami secara maksimal. Dengan leluasanya cahaya menembus rumah, efek yang ditimbulkan pada interior akan lebih cerah sehingga menyenangkan pandangan mata.

Lebih Banyak Ruang Terbuka

Dengan terbatasnya obyek atau barang pada setiap ruangan, suasana akan nampak lebih terbuka dan bersahabat. Tidak terdapat barang dan obyek yang terlihat memenuhi ruangan sehingga memberikan kesan ruangan lebih luas dari yang sebenarnya.

Mulai Menciptakan Rumah Minimalis

Langsung menuju detail. Dan pastikan untuk menciptakan ruangan-ruangan yang terbuka tanpa beban barang atau furnitur dan menyisakan sedikit yang paling penting.

Furnitur

Pada bagian ini menjelaskan jenis furnitur apa saja yang mutlak dimiliki pada setiap ruangan yang berbeda. Kuncinya adalah, merencanakan satu ruangan dalam satu waktu. Jangan mencoba memikirkan semua ruang atau rumah sekaligus. Rencanakan perlahan tiap hari untuk satu ruangan saja.

Ruang Keluarga atau Ruang Bersama

Anda tidak harus mengisi ruang tamu dengan banyak perabotan yang tidak perlu. Berikut adalah daftar furnitur yang harus Anda miliki dengan tujuan memberikan ruang yang lega untuk tamu Anda.

  1. Satu sofa dengan tida tempat duduk, sebaiknya Anda bisa memilih warna hitam, krem atau abu-abu
  2. Satu kursi santai
  3. Satu meja kopi kecil
  4. Televisi flat di dinding, tidak diperlukan meja atau lemari untuk ini.
  5. Jam dinding sederhana
meja kecil minimalis
photo: www.brit.co

Ruang Makan

Gunakan meja makan dengan 4-6 kursi, sesuaikan dengan luasan ruangan yang dipakai dan jumlah anggota keluarga dalam rumah.  Tampilan sederhana didapat dengan menggunakan meja kaca bening. Anda juga bisa menambahkan warna kayu alami untuk meja dan kursinya.

Dapur

Tujuan paling penting di tempat ini adalah bagaimana tetap bisa menjaga kesan bersih setiap saat dari waktu ke waktu. Jadi, hanya ada benda atau barang paling penting di dapur seperti microwave, juicer dan lainnya.

Kamar Tidur

Anda bisa pergunakan lemari dengan pintu kaca, ini juga akan memecahkan masalah besarnya ukuran lemari besar Anda. Agar terlihat maksimal, desain tempat tidur harus seminimalis mungkin, sebaiknya tidak menggunakan tudung (bagian belakang tempat tidur) untuk tempat tidur.

Anda bisa menambahkan pencahayaan dengan beberapa lampu di kamar tidur, hal ini tentu memberikan pengaruh kepada suasana hati dan romantis.

Ruang Belajar atau Ruang Kerja

Satu meja sederhana dengan lampu meja kecil, satu kursi dan rak buku mini (tidak terlalu padet dengan banyak buku).  Tambahkan tanaman dalam ruangan untuk menghidupkan ruang dan terlihat menyegarkan.

Kamar Mandi

Prinsip utama yang perlu diperhatikan untuk rancangan kamar mandi adalah:

kamar mandi untuk rumah minimalis

  1. Tidak ada bak mandi dan bathtub. Jika Anda memiliki kamar mandi yang super mewah, silahkan bisa memilikinya tetapi tidak menempati 20% dari luasan ruang yang tersedia.
  2. Hanya ada satu lemari dibawah wastafel,  jangan ada rak di dinding karena membuat kamar mandi Anda terlihat lebih sempit dan berdampak kepada gangguan pandangan.
  3. Sekali lagi, warna sangat penting disini. Anda bisa menggunakan bahan yang Anda inginkan di lantai dan dinding, tapi pastikan Anda memilih warna netral.

Cahaya Alami dan Buatan

Jika anda sedang merangcang dan membangun rumah baru, dua lantai atau lebih.  Pastikan Anda bisa memanfaatkan secara maksimal potensi pencahayaan alami.  Jika memungkinkan, mintalah bukaan atau jendela ke arah utara secara maksimal, karena cahaya dari arah utara memiliki kualitas yang terbaik.