11 Langkah Mudah Untuk Rumah Minimalis

kamar tidur minimalis
langkah mudah membangun rumah minimalis

Rumah minimalis bukanlah hanya sekedar desain, tampilan atau trend, perjalanan menuju konsep minimalis adalah merubah gaya hidup menuju kesederhanaan dan kebijaksanaan terhadap rumah tinggal.

Bagi keluarga muda atau baru, menciptakan rumah dengan konsep minimalis adalah sebuah tantangan, terlebih dengan rumah yang sudah terbentuk sebelumnya. Sebuah perubahan diperlukan melalui tahapan dan proses yang cukup baik, tujuan akhirnya adalah mengurangi kekacauan yang terjadi di dalam rumah.

Mungkin Anda akan melalui tahapan waktu beberapa bulan, memperbaiki situasi berantakan dan menyisakan sebuah rumah cantik dengan kesan sederhana, mengurangi semua hal yang tidak diperlukan dan Anda akan menemukan bahwa rumah minimalis akan memberikan efek mendalam kepada kehidupan keluarga Anda sendiri.  Berikut adalah beberapa tahap dan tips untuk melakukannya:

Bagaimana Langkah Menciptakan Rumah Minimalis

Karena kita sudah bukan lagi berada di bangku sekolah formal, beberapa tips menuju rumah minimalis ini tidak harus dilakukan secara urut nomor. Anda bisa memulai dengan yang paling mungkin dan paling mudah dilakukan.

  1. Fokus pada satu ruangan. Hindarkan memikirkan untuk langsung merubah seluruh bagian dalam satu rumah sekaligus, dijamin Anda akan merasa putus asa untuk mencapainya. Mulailah dengan ruangan favorit misalnya dari kamar tidur, terutama dengan lemari. Pergunakan ruangan ini untuk menginspirasi Anda menyederhanakan kamar sebelah dan ruangan lainnya, satu persatu dengan fokus pada satu ruangan dan menyebarkan pengalaman ke tempat lainnya.
  2. Mulailah dengan Furnitur. Semakin sedikit perabotan, lebih baik. Pikirkan tentang furnitur mana yang bisa dihilangkan (jika diperlukan) tanpa mengorbankan kenyamanan. Perlu juga beberapa pertimbangan dengan perabotan usang yang sudah tidak dipergunakan lagi.
  3. Apa saja yang penting bagi Anda. Lihatlah disekeliling ruangan yang Anda miliki, tanyakan pada diri sendiri mana barang-barang yang benar-benar penting. Jika Anda bisa hidup tanpa barang itu, singkirkan segera. Hal ini adalah latihan yang sangat penting dalam membangun konsep rumah minimalis.
  4. Lantai Bersih. Lantai rumah Anda harus benar-benar bersih dari kesan berantakan, Anda bisa menyeleksinya dengan cara menjual ulang, menyumbangkan atau bahkan harus membuangnya. Bagian sulitnya dengan kata-kata “sayang”.
  5. Bersihkan Juga Dinding. Terkecuali cermin dan beberapa potong karya seni sederhana yang penting dan indah.
  6. Perbanyak ruang kosong. Anda akan dapatkan sesuatu yang lebih melalui minimalis dengan memperbanyak ruangan kosong dan lega. Anda akan mendapatkan kesan bersih, tenang dan memberi efek nyaman.
  7. Menyimpan Barang-Barang Anda. Menyimpan semua hal yang tidak dibutuhkan dari pandangan, di laci atau lemari. Atau saat proses memilah barang, mungkin ini saatnya Anda mulai berpikir tentang “sumbangan” kepada yang layak menerima.
  8. Perawatan Jendela. Perawatan memerlukan waktu dan tenaga, Anda juga perlu memikirkan hal-hal yang sederhana jika harus melakukan perawatan. Menyimpan energi dan waktu sangatlah penting, tidak harus terkuras oleh rumah Anda sendiri.
  9. Memilih Warna Yang Menenangkan. Hindari pilihan warna-warna yang bisa bikin stress mata. Ciptakan pada seluruh ruangan dengan warna yang lembut, putih minimalis atau klasik, warna solid yang berkesan kalem juga masih layak digunakan. Tentu saja Anda juga masih diperkenankan menggunakan warna-warna cerah sebagai aksen di beberapa tempat.
  10. Koreksi dan Hilangkan. Setelah beberapa hari berikutnya, Anda perhatikan ulang semua perubahan. Koreksi ulang dan bisa dibantu dengan pendapat beberapa kawan dan anggota keluarga terdekat tentang apa saja yang bisa lebih disederhanakan, menuju ke rumah minimalis.
  11. Duduk di Ruangan, dan Nikmati. Bagian akhir yang menyenangkan adalah memiliki dan menghuni rumah anti stress.